Skip to main content

Featured Post

4 Cara Mencairkan Daging Beku dari Freezer dengan Aman dan Efektif

Menyimpan daging dalam freezer adalah cara paling praktis untuk mempertahankan kesegarannya dalam jangka waktu lama. Namun, ketika daging akan dimasak, proses pencairan atau thawing menjadi langkah penting yang tidak boleh dilakukan sembarangan.  Cara mencairkan daging yang salah dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri, mengubah tekstur daging, dan menurunkan cita rasa. Berikut penjelasan lengkap mengenai empat cara aman dan efektif mencairkan daging beku dari freezer.               Baca juga:  5 Cara Efektif Merawat Tanaman agar Tetap Subur dan Tumbuh Sehat 1. Mencairkan Daging di Kulkas Metode ini merupakan cara paling aman dan direkomendasikan untuk menjaga kualitas daging. Prosesnya memang memakan waktu lebih lama, tetapi suhu dingin di dalam kulkas membuat daging mencair perlahan tanpa membuat bakteri berkembang. Langkah-langkah: Pindahkan daging dari freezer ke rak bawah kulkas agar tidak menetes ke makanan lain. Letakkan daging di w...

Marketing Funnel, Apa Pengertian dan Penjelasannya?

 

(Unsplash/ Tyler Franta)

Apa itu Marketing Funnel? Marketing funnel merupakan tahapan yang menjelaskan pengalaman audience pada sebuah produk. Tahapan tersebut meliputi mengenal brand, mempertimbangkan, pembelian, menilai produk, hingga menjadi pelanggan dari brand tersebut. 

Proses ini berguna untuk membantu audience atau calon pelanggan mengenal suatu produk hingga melakukan pembelian. Pemahaman proses dapat membantu merancang strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan konversi. 

Cara tersebut membantu menghadirkan visibilitas setiap tahapan yang berhubungan dengan audience. Tahapan ini sangat penting karena dapat membantu mengetahui customer journey dari audience untuk menentukan strategis yang bisa digunakan untuk selanjutnya. 


Baca juga: Microsoft Layoff Lagi Karyawan untuk Investasi ke AI, Apakah AI Menguntungkan atau Merugikan?


Apa Saja Tahapan dari Marketing Funnel?

Tahapan yang dihadirkan biasanya terdiri dari hal-hal sebagai berikut:

  • Awareness (Kesadaran)

Menjadi tahapan dimana audience / konsumen mulai mengenal produk atau jasa yang ditawarkan melalui promosi dan iklan. 

  • Interest (Minat)

Pada tahap ini konsumen mulai tertarik pada produk dan mulai mencari informasi lebih lengkap dari produk atau brand yang ditawarkan. 

  • Consideration (Pertimbangan)

Di sini konsumen mulai membandingkan produk atau jasa yang ditawarkan dengan brand yang ada. 

  • Decision (Keputusan)

Dalam tahapan ini konsumen sudah memulai memutuskan menggunakan produk atau layanan yang ditawarkan. 

  • Action (Tindakan)

Pada funnel ini, konsumen sudah melakukan pembelian terhadap produk yang ditawarkan. 


Pentingnya Tahapan Marketing untuk Bisnis

(Unsplash/ Microsoft 365 )

Sebagai bagian dari proses marketing, marketing funnel memiliki perannya tersendiri terutama dalam menghadirkan customer journey agar pemasaran mengetahui strategi mana yang perlu diambil. 

Melalui tahapan ini, marketer dapat memahami proses dimana konsumen mengenal produk atau jasa yang ditawarkan hingga memutuskan untuk melakukan pembelian. 

Selain itu, dapat juga digunakan sebagai suatu metode dalam memaksimalkan strategi pemasaran yang telah dibuat serta sebagai bahan evaluasi keberhasilan dari promosi yang dibuat. 

Peluang konsumen dalam melakukan pembelian produk juga dapat ditingkatkan pada tiap tahapan customer journey. Hal ini membantu pemilik usaha memperoleh hasil yang diharapkan. 

Alasan penting lainnya dari penggunaan tahapan marketing tersebut yaitu kesempatan marketer untuk mengalokasikan budget yang dimiliki sesuai dengan strategis pemasaran yang tepat. Hal ini sangat membantu marketer untuk membuat alokasi budget lebih efektif dan efisien. 


Baca juga: Beda SEO dan SEM, Mana yang Paling Tepat untuk Dipilih?


Manfaat Tahapan pada Penjualan

Setiap tahapan dari marketing funnel memiliki tujuan serta manfaatnya tersendiri. Dari mulai dimana konsumen mulai mengenal produk atau jasa yang ditawarkan hingga memutuskan untuk melakukan pembelian. 

Proses dari pemasaran ini sendiri menghasilkan manfaat bagi pengusaha atau pemasar untuk mendapatkan insight dari calon konsumen dari respon mereka terdapat promosi yang ditawarkan. 

Selain itu, membantu juga pada proses identifikasi area yang perlu ditingkatkan. Baik itu dari segi kesadaran konsumen terhadap produk hingga perbandingan antara produk yang ditawarkan dengan kompetitor. 

Pada setiap tahapannya sangat penting untuk diidentifikasi agar marketer lebih memahami tahap mana yang perlu ditingkatkan agar dapat menghasilkan konversi yang lebih baik. 


Tujuan Marketing Funnel

Selain bertujuan memahami customer journey dengan lebih baik, tahapan marketing ini bertujuan dalam meningkatkan efisiensi serta mengurangi biaya promosi yang tidak penting. Sehingga sangat berguna dalam membantu meningkatkan kinerja dari bisnis yang dijalankan. 

Membangun kepercayaan antara marketer dan konsumen serta mempertahankan hubungan menjadi salah satu dari tujuan keberadaan tahapan marketing ini. Dengan adanya kepercayaan serta hubungan yang kuat antara konsumen dan marketer dapat membantu meningkatkan loyalitas atau pembelian kembali terhadap produk yang tentunya menjadi bukti dari keberhasilan promosi. 

Pengalaman konsumen yang positif juga menjadi tujuan lain dari strategi marketing ini yang bermanfaat untuk mendapatkan ulasan positif sehingga dapat mendorong calon konsumen lain melakukan pembelian produk atau jasa. 


Marketing funnel menjadi langkah penting bagi marketer untuk mempromosikan produk atau layanan yang disediakan. Setiap tahapan dari strategi pemasaran tersebut memiliki peranan yang berbeda namun tetap bertujuan menghasilkan konversi yang lebih baik.





Comments