Search This Blog
Temukan beragam artikel lifestyle, tips dan trik, teknologi, dan finance di sini!
Featured Post
- Get link
- X
- Other Apps
YouTube Perbarui Cara Perhitungan Views di Shorts, Kreator Kini Bisa Dapat Gambaran soal Performa Konten
![]() |
| Foto oleh Liza Summer dari Pexels |
Platform video terbesar di dunia, YouTube telah mengumumkan perubahan sistem perhitungan views yang khusus ditujukan untuk konten Shorts, video berdurasi pendek dengan bentuk vertikal. YouTube mengumumkan pembaruan terkait metrik penayangan video Shorts yang akan mempengaruhi cara kreator menilai performa dari kontennya.
Aturan ini berlaku mulai 31 Mei 2025 seperti yang diumumkan oleh Team YouTube pada 27 Mei 2025. Perubahan tersebut meliputi penayangan Shorts yang akan dihitung berdasarkan berapa kali video mulai diputae atau diputar ulang, tanpa adanya persyaratan waktu tonton minimum.
Langkah ini menurut YouTube diambil berdasarkan masukan dari para kreator yang ingin memahami dengan lebih akurat terkait seberapa sering video mereka benar-benar ditonton. Sebelumnya, penayangan Shorts hanya dihitung setelah video diputar selama beberapa detik. Namun, kini YouTube ingin memberi transparansi lebih besar dan pemahaman yang lebih utuh tentang jangkauan sebenarnya dari konten yang diposting, terutama jika konten dibagikan dari platform lain.
Engaged Views Jadi Metrik Baru
Dalam sistem yang baru ini, YouTube memperkenalkan istilah yaitu Engaged Views. Yaitu penayangan yang menunjukkan bahwa penonton memilih untuk terus menonton Shorts hingga selesai.
Semengara metrik penyangan Shorts semula akan tetap dipertahankan, yang kini disebut dengan “penayangan tak dilewati” atau (Non-skipped Views) yang dapat dilihat melalui YouTube Analytics dalam Mode Lanjutan untuk melihat jumlah penonton yang memilih untuk terus menonton video Shorts.
Dampak pada Monetisasi
Perubahan sistem ini menurut YouTube tidak akan secara langsung mempengaruhi penghasilan kreator atau kelayakan untuk mengikuti Program Partner YouTube. Di mana, perhitungan tayangan akan didasarkan pada Non-skipped Views.
Hal ini tentunya akan menjadi kabar baik pada konten kreator yang sedang mengejar monetisasi melalui YouTube Shorts atau yang sudah tergabung di dalam YouTube Partner Program karena syarat ini tidak mempengaruhi penghasilan atau syarat monetisasi. Perhitungan untuk pembagian hasil iklan tetap mengacu Engaged Views atau Non-skipped views, bukan jumlah view secara total.
Pembaruan ini hanya bertujuan untuk memberikan transparansi dan membantu kreator dalam menentukan strategi konten untuk ke depan.
Apa Artinya bagi Kreator Shorts?
Mulai 31 Mei 2025 dan seterusnya, para kreator akan mulai melihat metrik baru penayangan Short yang diterapkan dimanapun penayangan Shorts ditampilkan di YouTube. Di mana menurut YouTube sangat memungkinkan angkanya lebih tinggi ke depannya.
Hal ini karena sistem baru menghitung semua putaran video tanpa melihat durasi tonton. Ini bisa menjadi keuntungan tersendiri bagi para konten kreator, apalagi jika ingin menunjukkan jangkauan audiens ke calon mitra bisnis atau agensi.
Selain itu, metrik ini diharapkan memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai performa Shorts yang dapat membantu konten kreator dalam menentukan strategi konten. Termasuk menampilkan konten dengan baik ke calon partner brand atau sponsorship. Selain itu, memberi gambaran secara lengkap tentang jangkauan secara keseluruhan jika konten kreator membagikannya ke berbagai platform.
Untuk informasi lebih lanjut, kreator disarankan untuk mengunjungi Pusat Bantuan YouTube untuk mencari tahu lebih lanjut terkait kebijakan monetisasi dan bagaimana Engaged Views mempengaruhi penghasilan mereka.
https://support.google.com/youtube/thread/333943660/penayangan-shorts?hl=id&sjid=14800720436289730915-NC
Popular Posts
5 Rutinitas Malam yang Bisa Bikin Tidurmu Lebih Berkualitas
- Get link
- X
- Other Apps

Comments
Post a Comment