Search This Blog
Temukan beragam artikel lifestyle, tips dan trik, teknologi, dan finance di sini!
Featured Post
- Get link
- X
- Other Apps
5 Manfaat Punya Website untuk Bisnis Kecil dan Startup yang Baru Merintis
![]() |
| (Photo by Pavel Danilyuk dari Pexels) |
Di era digital seperti saat ini, banyak orang saling terhubung untuk berbagai alasan, termasuk bisnis dengan pelanggan. Hal ini tentunya memberikan peluang sekaligus tantangan tersendiri bagi pelaku bisnis kecil dan startup.
Semakin banyak orang terhubung karena digitalisasi, ada banyak kemungkinan bisnis berkembang, tapi adaptasi terhadap teknologi dan persaingan menjadi tantangan tersendiri.
Tidak mudah bagi bisnis kecil atau startup untuk langsung diketahui oleh target audiens mereka. Oleh sebab itu, website bisa menjadi alat bantu untuk melakukan pemasaran secara digital agar bisa dikenal oleh pelanggan dan memberikan brand identity yang berbeda dari kompetitor.
Selain harus menghadapi persaingan yang ketat, terutama di sektor teknologi, pelaku usaha juga perlu beradaptasi dengan perubahan yang ada. Penggunaan website bisa menjadi strategi yang penting dalam dunia bisnis modern.
Dengan perkembangan teknologi, website bisa menjadi platform untuk memasarkan bisnis yang mempunyai jangkauan luas. Berikut beberapa manfaat dari menggunakan website untuk bisnis yang dihimpun dari berbagai sumber.
1. Meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan
Website membuat bisnis terlihat lebih profesional dan juga resmi. Kepemilikannya membantu pelanggan lebih mudah menemukan bisnis. Memiliki situs web untuk bisnis berguna meningkatkan kredibilitas meski ada kemungkinan beberapa usaha juga menawarkan layanan serupa.
Dengan memiliki situs web secara resmi, membuat tampilan usaha jadi lebih profesional serta mengkomunikasikan informasi secara jelas dan berkualitas kepada konsumen.
Memiliki website bisa membantu orang merasa nyaman karena bisnis yang mereka cari adalah nyata. Situs resmi memberi kepercayaan kepada pelanggan dan orang-orang hanya membeli produk atau layanan dari brand yang dikenal, sukai, dan percaya.
Jadi, meskipun kamu menggunakan media sosial untuk mempromosikan brand, tapi kepercayaan pelanggan terhadap produk yang mempunyai website cukup tinggi.
Baca juga: 5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mengganti Tema Blog Agar Tetap Aman
2. Membuka peluang lebih luas
Situs web yang dibuat khusus bisa membuat bisnis memiliki platform saat online dan berfungsi untuk pemasaran. Salah satu manfaatnya membuka peluang pasar yang lebih luas. Website bisa diakses 24/7 dari mana saja, serta memperluas jangkauan dari mulai pasar domestik hingga global.
Platform online ini bisa menjadi cara berkomunikasi dengan pelanggan, baik yang sudah lama maupun baru ingin menggunakan produk. Website biasanya berisi informasi penting, dari mulai kontak, lokasi, jam buka, produk, layanan, dan lain sebagainya.
Strategi pemasaran secara offline dan menggunakan media sosial biasanya hanya menjangkau orang-orang yang mengikuti atau sudah pernah membeli produk. Sementara itu, website cenderung bisa diakses oleh siapa saja tanpa batasan tempat karena bisa menyasar siapa saja bahkan jika itu secara global.
Salah satu hal menarik dari platform ini yaitu berguna untuk membangun brand awareness dan visibilitas melalui konten yang dirancang dengan pengoptimalan mesin pencari (SEO). Kamu bisa membangun brand awareness dalam jangka panjang dengan membuat konten.
Konten tersebut selanjutnya bisa dioptimasi agar muncul di bagian atas dari mesin pencarian hingga akhirnya mendorong orang untuk menggunakan produk atau layanan yang ditawarkan.
3. Media promosi dan informasi yang efisien
Platform digital satu ini berguna menampung berbagai informasi penting seperti produk, layanan, kontak, serta testimoni dari pelanggan. Jika menggunakan strategi pemasaran seperti SEO, website bisa menjadi media promosi dengan biaya yang lebih rendah dibandingkan menggunakan iklan konvensional dan cenderung jangka panjang.
Kehadiran bisnis secara online dapat berdampak besar terhadap keberhasilannya. Di zaman seperti sekarang, masih banyak pelanggan yang memutuskan mengunjungi website untuk mendapatkan informasi tambahan sebelum akhirnya memutuskan membeli.
Kehadiran secara online yang kuat, dapat menjadi penentu dalam menghasilkan banyak pelanggan. Penggunaannya menjadi media promosi sekaligus berisi mengenai informasi yang lengkap serta efisien.
4. Mendukung Strategi Digital Marketing
![]() |
| (Photo by Gustavo Fring dari Pexels) |
Website dapat dihubungkan dengan SEO, Google Ads, media sosial, dan berbagai platform online lainnya yang membuat kehadiran website jadi semakin kuat. Selain itu, terdapat berbagai tools yang bisa membantu pengguna untuk melakukan analisa terhadap kinerja website.
Salah satunya yaitu melalui analytics yang membantu mengumpulkan data pelanggan. Data tersebut berguna melihat sebaran pelanggan yang tertarik pada produk dan menyesuaikan konten dengan target audiens.
Jika kamu berencana memanfaatkan pemasaran digital untuk meningkatkan pelanggan dan mengembangkan bisnis, mengarahkan traffic ke website jadi pilihan menarik. Cara melakukannya terbilang cukup efektif dengan memanfaatkan traffic yang telah masuk ke website agar dapat menargetkan audiens yang paling sesuai dan mendapatkan angka terbaik dalam mengeluarkan biaya iklan.
Kamu juga bisa menjalankan website terlebih dahulu sebelum akhirnya memutuskan untuk menjalankan iklan. Begitu website mempunyai kehadiran secara online yang bisa dioptimalkan melalui SEO, brand bisa punya peluang muncul di hasil pencarian Google.
Ini berarti bahwa ketika orang mencari produk atau layanan, website bisnis akan muncul di hasil pencarian sehingga meningkatkan peluang berbasis pelanggan.
Baca juga: 5 Alasan Kenapa UMKM Juga Harus Punya Company Profile Profesional
5. Meningkatkan konversi dan penjualan
Website bisa menyediakan sistem pemesanan atau e-commerce langsung sehingga lebih mudah mengarahkan pengunjung menjadi pembeli. Hal tersebut tentunya akan meningkatkan kemandirian bisnis dari media e-commerce lainnya.
Sementara itu, beriklan di media sosial pada dasarnya harus mengikuti panduan konten yang ditayangkan, termasuk dari segi jumlah orang yang menemukannya. Sedang jika memiliki situs web membuat platform lebih mandiri sebagai tempat bisnis kecil yang bisa melibatkan pengunjung sesuai dengan kebutuhan bisnis daripada platform lain.
Situs web yang dirancang khusus bisa menjadi e-commerce sederhana untuk menjual produk dan layanan secara langsung ke konsumen. Penjualan produk atau layanan tersebut bisa dilakukan nasional hingga internasional.
Selain itu, situs web sudah dilengkapi dengan sistem pemesanan online yang mendorong orang lebih banyak memesan melalui langkah yang sederhana dan mengurangi ketergantungan terhadap media lain.
Kesimpulan
Ada berbagai manfaat utama dari mempunyai website untuk bisnis kecil dan startup yang baru merintis. Mulai dari meningkatkan kepercayaan, membuka peluang yang lebih luas, media promosi serta informasi, mendukung strategi penjualan secara digital, sampai meningkatkan konversi dan penjualan.
Website bukan hanya sekedar platform pelengkap, tapi bisa menjadi pondasi dalam memperkuat kehadiran digital. Membangun website secara sederhana dan fungsional juga bisa menjadi cara tepat untuk kehadiran secara online bisnis kamu.
Sumber:
Henry Negroho, Website Sebagai Alat Optimalisasi Penjualan
Jeff Cardello, 15 small business website examples for inspiration in 2024
Google, Bring your business to life online
YEC, Why Every Business Needs A Website
Dharmesh Shah, Does My Business Need a Website? 12 Reasons Why & 5 Reasons Why Not
Popular Posts
YouTube Perbarui Cara Perhitungan Views di Shorts, Kreator Kini Bisa Dapat Gambaran soal Performa Konten
- Get link
- X
- Other Apps
5 Rutinitas Malam yang Bisa Bikin Tidurmu Lebih Berkualitas
- Get link
- X
- Other Apps


Comments
Post a Comment