Search This Blog
Temukan beragam artikel lifestyle, tips dan trik, teknologi, dan finance di sini!
Featured Post
- Get link
- X
- Other Apps
5 Alasan Kenapa UMKM Juga Harus Punya Company Profile Profesional
![]() |
| (Unsplash/ Slidebean) |
Sebelum membicarakan lebih lanjut mengenai alasan UMKM harus memiliki company profile, terlebih dahulu kita harus tahu, apa itu company profile atau profil perusahaan?
Menurut Hubspot, company profile merupakan cara memperkenalkan misi, tujuan, visi, dan sejarah dari sebuah bisnis atau usaha.
Informasi mengenai perusahaan tersebut biasanya terletak pada halaman “Tentang Kami” yang berisi mengenai bagaimana perusahaan didirikan dan latar belakang pendiriannya. Tujuan dari keberadaannya, yaitu agar perusahaan dapat terhubung dengan customer dan menarik investor.
Sementara itu, membuat company profile bagi pelaku UMKM sangat penting, terlebih di era yang serba digital ini membuat bisnis lebih kompetitif. Keberadaan profil perusahaan ini bisa menjadi pembeda usaha dengan usaha lainnya sekaligus menunjukkan bahwa pelaku UMKM bisa menerapkan teknologi dalam usahanya.
Berikut beberapa alasan kenapa UMKM juga perlu memiliki company profile profesional untuk mendukung bisnisnya.
1. Memperkuat identitas dan pengakuan terhadap merek
Salah satu alasan kenapa pelaku usaha perlu memiliki company profile adalah untuk mengenalkan brand dengan lebih baik. Cara ini sangat memungkinkan untuk kamu mengkomunikasikan keunggulan dari produk atau layanan yang dimiliki, sekaligus nilai-nilai, dan visi dari perusahaan.
Profil perusahaan digunakan untuk memastikan pesan tersebut disampaikan secara konsisten di website, media sosial, hingga materi pemasaran. Dengan cara tersebut, brand bisa mempertahankan identitas yang kuat sehingga membangun pengakuan dan kepercayaan tinggi terhadap usaha.
Menggunakan profil perusahaan profesional dapat menjadi pembeda usaha dengan para pesaing. Terlebih jika profil yang disajikan memiliki narasi yang kuat serta mendalam mengenai brand. Pelaku usaha perlu membangun kepercayaan terhadap brand dan profil perusahaan bisa memainkan peran penting itu.
Baca juga: 5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mengganti Tema Blog Agar Tetap Aman
2. Membantu orang lebih mengenal brand
Company profile bertujuan untuk memperkenalkan visi, misi serta nilai dari perusahaan yang membuatnya konsisten dalam hal branding. Salah satu alasan bisnis membutuhkan branding adalah untuk membantu lebih mudah dikenali.
Jika bisnis memiliki branding yang kuat, orang-orang akan cenderung memperhatikan brand tersebut daripada bisnis yang tidak memilikinya. Branding bisa dikatakan sebagai cara bisnis untuk diingat dalam waktu lama. Bahkan jika konsumen belum menggunakan produk atau layanan dalam waktu dekat, jika branding berhasil, konsumen akan datang ke brand saat membutuhkannya.
Membangun kepercayaan dengan pelanggan adalah suatu hal yang sangat penting dalam bisnis, tapi untuk memperolehnya tidak mudah. Jika bisnis tidak memiliki elemen branding yang penting akan sulit mendapatkan kepercayaan dari pelanggan. Branding adalah sesuatu yang diharapkan oleh banyak orang dalam membangun bisnis.
3. Menarik perhatian investor untuk memberi pendanaan
![]() |
| (Unsplash/ Azwedo L.LC) |
Investor atau pemberi dana membutuhkan informasi secara profesional mengenai potensi usaha yang akan didanai. Company profile bisa menjadi penunjang dalam proposal bisnis. Cara ini sekaligus berguna dalam menjawab pertanyaan calon investor maupun pelanggan mengenai perusahaan, visi dan misi yang dimiliki, serta tujuan dari pendirian usaha.
Jika pelaku UMKM memberikan profil perusahaan secara transparan dan informatif, hal itu dapat membantu membangun kepercayaan terhadap bisnis sekaligus menarik perhatian investor untuk mendapatkan pendanaan. Profil perusahaan yang baik menampilkan informasi secara lengkap sehingga membuat pelanggan dan investor merasa terhubung.
Cara ini sekaligus menyederhanakan proses negosiasi bisnis karena informasi penting tentang perusahaan sudah dijelaskan secara rinci. Selain itu, berguna juga memperlancar proses pengambilan keputusan oleh klien atau mitra bisnis yang potensial.
Menurut artikel yang ditulis oleh Forbes, profil perusahaan yang profesional membuka peluang dalam mendapatkan kemitraan dan investasi. Banyak klien bernilai tinggi serta investor menjadikan profil perusahaan sebagai bahan pertimbangan sebelum melakukan kerjasama.
Baca juga: Apa Itu Noise Marketing? Strategi Pemasaran yang Mengganggu Tapi Membantu Produk Banyak Dikenal
4. Membuka peluang usaha dan mempermudah kerjasama
Mitra bisnis cenderung melihat profil usaha sebelum memutuskan kerjasama, terlebih jika profil tersebut memberikan kesan yang kredibel, baik dalam proses negosiasi maupun pitching. Profil yang profesional dan menarik. Hal tersebut meningkatkan peluang kerjasama di masa akan datang.
Informasi ini bukan hanya pelengkap untuk usaha, tapi juga sebagai alat pemasaran yang kuat. Baik saat menawarkan kerja sama maupun mengajukan proposal. Profil perusahaan yang dirancang secara profesional meningkatkan kredibilitas usaha serta peluang kerjasama.
5. Media promosi dan sarana digital marketing
Company profile bisa dijadikan sebagai media promosi digital di berbagai platform seperti website, email, dan media sosial. Penggunaannya bisa menjadi cara untuk menarik pelanggan melalui informasi yang terstruktur dan profesional. Jika pelaku usaha ingin meningkatkan penjualan dapat menggunakan company profile sebagai bagian dari pemasaran digital.
Branding dan pemasaran digital merupakan dua hal yang berjalan secara beriringan. Jika kamu ingin memiliki strategi iklan yang lebih baik, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan membangun merek terlebih dahulu. Saat mengiklankan bisnis, semua informasi harus disampaikan secara selaras untuk mencerminkan identitas brand.
Ada setidaknya 5 alasan company profile sangat dibutuhkan oleh pelaku usaha, baik itu kecil, menengah, atau bahkan perusahaan besar sekalipun. Profil perusahaan bisa menjadi sarana berkomunikasi dengan pelanggan, investor, serta mitra bisnis secara profesional mengenai gambaran umum dari bisnis.
Setelah mengetahui beberapa alasan penting mengenai keberadaan company profile, ini saatnya untuk kamu mulai mempertimbangkan keberadaannya. Kamu bisa membuat company profile versimu atau menggunakan jasa penulisan agar bisa menyampaikan brand dengan lebih baik. Pertimbangkan menggunakan jasa penulis berpengalaman jika kamu ingin membuat company profile profesional untuk berbagai tujuan.
Sumber
Erica Santiago, 10 Creative Company Profile Examples to Inspire You [+ 12 Templates]
Noethera, Why Every Business Needs a Professional Company Profile in 2025
Kristopher Jones, The Importance Of Branding In Business
Popular Posts
YouTube Perbarui Cara Perhitungan Views di Shorts, Kreator Kini Bisa Dapat Gambaran soal Performa Konten
- Get link
- X
- Other Apps
5 Rutinitas Malam yang Bisa Bikin Tidurmu Lebih Berkualitas
- Get link
- X
- Other Apps


Comments
Post a Comment